Get in Touch

Edit Template

Cara Melakukan Scale Up Bisnis

Scale up dalam bisnis merupakan fase pertumbuhan perusahaan yang telah memiliki beberapa kesuksesan dan siap untuk berkembang ke tingkat berikutnya. Perusahaan yang siap untuk melakukan scale up yaitu perusahaan yang telah mencapai pertumbuhan 20% atau menunjukkan kinerja lebih baik dari pergantian tahun ke tahun selama setidaknya 2 tahun, dan memiliki jumlah karyawan minimal 10 pada awal periode pengamatan. Berikut ini beberapa cara untuk melakukan scale up bisnis Anda.

Cara Melakukan Scale Up Bisnis

1. Melakukan analisis dan membuat rencana

Lakukan analisis untuk melihat apakah bisnis Anda benar-benar siap untuk scale up. Dengan mengetahui posisi bisnis Anda saat ini, Anda dapat mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membantumu menuju posisi yang lebih baik. Apabila sudah yakin untuk berkembang, Anda dapat membuat rencana bisnis sesuai dengan kondisi usaha Anda. Tentukan strategi apa yang paling tepat untuk mengembangkan usaha Anda. Untuk membuat strategi bisnis, Anda dapat menentukannya dengan melihat pertumbuhan penjualan secara rinci. 

2. Menyiapkan dana yang cukup

Untuk melakukan scale up bisnis, pastikan Anda memiliki dana yang cukup. Hal ini karena Anda mungkin perlu mempekerjakan karyawan baru, berinvestasi alat atau teknologi baru, hingga menambah fasilitas baru. Anda dapat mengecek kondisi keuangan bisnis Anda saat ini apakah cukup memadai untuk melakukan pengembangan. Jika tidak, maka Anda harus memikirkan cara untuk mendapatkan modal tambahan seperti mengajukan pinjaman ke bank, mencari investor, capital venture, dan lain sebagainya.

3. Belajar dari kompetitor yang lebih unggul

Anda tidak harus selalu menganggap kompetitor sebagai sesuatu yang harus dihindari. Sebaliknya, Anda justru harus belajar dari mereka. Coba analisis bagaimana cara mereka untuk mencapai kesuksesan, misalnya mencari tahu tahu bagaimana cara mereka melakukan penjualan hingga mendapatkan kesuksesan besar. Pahami model bisnis apa yang mereka terapkan sehingga mungkin Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dalam menjalankan bisnis.

4. Memahami nilai bisnis Anda

Sebelum melakukan scale up, Anda perlu memahami nilai atau value proposition bisnis Anda  agar tetap berjalan sebagaimana biasanya. Karena ketika memutuskan untuk pengembangan, Anda akan difokuskan pada perbaikan dan perkembangan dari segala aspek. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan sehingga menurunkan tingkat penjualan. Jadi, fokuslah pada keunggulan dari bisnis Anda dan pastikan semua langkah yang Anda ambil semakin mendekatkan bisnis Anda dengan tujuan.

5. Membangun tim yang solid

Untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik, Anda membutuhkan sebuah tim yang solid. Pastikan karyawan Anda memahami tanggungjawab mereka dan memiliki kinerja yang bagus agar proses scale up bisnis Anda dapat berjalan lancar. Selain itu, libatkan mereka dalam penentuan tujuan dan strategi bisnis  agar proses eksekusi lebih terarah. Jangan lupa juga untuk memberikan motivasi dan penghargaan atas kerja keras mereka untuk mendorong karyawan lebih produktif.

6. Identifikasi masalah dan hambatan

Proses scale up bisnis tidaklah mudah dan terkadang Anda akan menemukan masalah atau hambatan. Sebaiknya Anda melakukan identifikasi hal-hal yang dapat menyebabkan masalah dan hambatan terlebih dahulu sebelum mulai scale up agar lebih siap dalam menghadapinya. Ada beberapa faktor yang dapat menggagalkan proses pertumbuhan bisnis Anda, antara lain yaitu kurangnya keterampilan kepemimpinan, kurangnya dana, arus kas yang lemah, dan lainnya. 

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang