Get in Touch

Edit Template

Cara Membuat Anggaran Keuangan Perusahaan yang Efektif

Anggaran keuangan perusahaan adalah rencana rinci yang menggambarkan bagaimana perusahaan dalam mengelola dan menggunakan sumber daya keuangannya selama periode tertentu, biasanya satu tahun. Anggaran ini mencakup proyeksi pendapatan, biaya, dan pengeluaran yang diantisipasi, serta alokasi sumber daya untuk berbagai departemen dan proyek. Membuat anggaran keuangan yang efektif merupakan langkah penting bagi setiap perusahaan untuk mencapai tujuan finansialnya, menjaga stabilitas keuangan, dan memastikan keberlanjutan operasional. 

Cara Membuat Anggaran Keuangan Perusahaan yang Efektif

Berikut langkah-langkah untuk membuat anggaran keuangan perusahaan yang efektif:

1. Menentukan Tujuan Anggaran

Menentukan tujuan anggaran dapat memberikan arah yang jelas dan fokus bagi Anda. Tentukan apa yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka waktu tertentu, baik itu peningkatan penjualan, pengurangan biaya, atau ekspansi pasar. Selain itu, pastikan tujuan tersebut selaras dengan visi dan strategi jangka panjang perusahaan.

2. Analisis Kinerja Keuangan Masa Lalu

Analisis kinerja keuangan masa lalu dapat membantu Anda dalam memahami tren, pola, dan area yang memerlukan perbaikan. Lakukan analisis laporan keuangan mulai dari laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas dari beberapa periode sebelumnya. Kemudian cari pola pengeluaran dan pendapatan serta identifikasi variabel yang mempengaruhi kinerja keuangan.

3. Proyeksi Pendapatan

Proyeksi pendapatan dapat memberikan Anda gambaran tentang berapa banyak uang yang diharapkan masuk selama periode anggaran. Anda dapat menggunakan data historis penjualan untuk memprediksi pendapatan masa depan. Lalu pertimbangkan faktor ekonomi, pasar dan industri yang dapat mempengaruhi pendapatan.

4. Estimasi Biaya dan Pengeluaran

Mengestimasi biaya dan pengeluaran bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek operasional diperhitungkan dalam anggaran yang dibuat. Pisahkan biaya tetap (seperti sewa dan gaji) dan biaya variabel (seperti bahan baku dan biaya pemasaran). Selain itu, buat perkiraan realistis untuk setiap kategori biaya berdasarkan data historis dan proyeksi aktivitas bisnis.

5. Menetapkan Batasan Anggaran

Menetapkan batasan anggaran dapat membantu Anda dalam mengendalikan pengeluaran dan mencegah pemborosan. Anda perlu menetapkan batasan anggaran untuk setiap departemen atau proyek berdasarkan prioritas dan kebutuhan bisnis. Selain itu, libatkan manajer departemen dalam proses penganggaran.

6. Pengawasan dan Pemantauan

Pengawasan dan pemantauan anggaran secara berkala bertujuan untuk memastikan bahwa perusahaan tetap berada pada jalur yang benar dan agar dapat mengidentifikasi masalah sejak dini. Buatlah laporan bulanan untuk membandingkan realisasi anggaran dengan anggaran yang telah ditetapkan. Identifikasi variansi (perbedaan) antara anggaran dan realisasi serta analisis penyebabnya.

7. Penyesuaian Anggaran

Penyesuaian anggaran diperlukan untuk merespons perubahan kondisi pasar atau bisnis. Tinjau kinerja keuangan secara berkala dan sesuaikan anggaran  perusahaan jika diperlukan. Libatkan juga tim keuangan dan manajer departemen dalam proses penyesuaian untuk mendapatkan perspektif yang lebih lengkap.

8. Komunikasi dan Pelibatan Tim

Komunikasi yang baik dan pelibatan tim dalam proses penganggaran penting untuk memastikan bahwa semua pihak memahami dan mendukung tujuan anggaran. Sampaikan anggaran kepada seluruh departemen dan karyawan yang terlibat. Selain itu, dorong feedback dan diskusi terkait anggaran perusahaan.

9. Penggunaan Teknologi 

Teknologi dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam proses penganggaran. Oleh karena itu, gunakan perangkat lunak penganggaran yang dapat membantu dalam pembuatan, pemantauan, dan analisis anggaran. Manfaatkan  juga fitur otomatisasi untuk mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan kecepatan pemrosesan data.

10. Evaluasi dan Perbaikan Berkelanjutan

Evaluasi dan perbaikan berkelanjutan bertujuan untuk memastikan bahwa proses penganggaran selalu berkembang dan menjadi lebih efektif. Lakukan review tahunan terhadap proses penganggaran untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Setelah itu, terapkan perbaikan yang telah diidentifikasi untuk meningkatkan proses penganggaran di masa mendatang.

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang