Get in Touch

Edit Template

7 Cara Efektif Menghemat Biaya Operasional Bisnis

Menghemat biaya operasional dapat membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Biaya operasional adalah setiap pengeluaran yang diperlukan untuk pemeliharaan dan administrasi bisnis Anda sehari-hari, seperti listrik, gaji karyawan, dan sewa kantor. Untuk menghemat biaya operasional, Anda dapat melakukan berbagai cara sederhana namun terbukti efektif seperti pada penjelasan berikut ini.

Cara Menghemat Biaya Operasional Bisnis

1. Mengatur ulang anggaran

Pastikan untuk memasukkan kebutuhan yang utama saja ke dalam anggaran. Meminimalkan kebutuhan yang kurang penting untuk dilakukan. Lakukan evaluasi penggunaan anggaran perusahaan dengan hati-hati dan tetapkan bagian yang penting dan yang tidak penting. Dengan demikian maka penggunaan anggaran bisnis dapat berjalan lebih efisien.

2. Mengevaluasi biaya pemasaran

Jumlah dana yang perlu Anda keluarkan untuk pemasaran dapat tergantung pada beberapa faktor, seperti fase bisnis Anda apakah masih awal atau sudah berkembang. Meskipun begitu Anda harus dapat menguranginya, dengan cara mencari alternatif lain yang lebih murah untuk memasarkan barang dan jasa Anda atau menganalisis pemasaran yang paling efektif dan menghilangkan cara pemasaran lain kurang efektif.

3. Melakukan efisiensi

Sebagai pebisnis, Anda harus terus mencari cara untuk membuat bisnis Anda semakin efisien. Periksa beberapa faktor biaya untuk memastikan Anda bisa menghemat biaya operasional. Berikut adalah beberapa contoh area yang harus dipantau agar bisa menghemat biaya operasional:

  • Apakah waktu-waktu tertentu dalam sehari, minggu, bulan atau tahun lebih sibuk daripada yang lain? Jika Anda memiliki karyawan per jam, jadwalkan lebih banyak selama periode sibuk dan lebih sedikit selama waktu lambat.
  • Menyimpan inventaris bisa mahal, terutama saat menyewa ruang gudang. Periksa laporan penjualan berdasarkan periode waktu dan produk untuk menentukan tingkat inventaris yang optimal. Terapkan strategi just in time untuk persediaan guna meminimalkan biaya.
  • Meskipun biaya keuangan tidak berubah-ubah seperti biaya personel atau persediaan, lakukan tinjauan pengeluaran keuangan Anda setiap kuartal.

4. Pertimbangkan pekerjaan jarak jauh

Saat ini, work form home sudah bukan hal yang asing lagi. Dengan mempertimbangkan pekerjaan jarak jauh, Anda dapat menghemat biaya seperti ruang kantor yang mahal dan biaya pemeliharaan yang menyertainya. Karena menjalankan tempat kerja dapat menjadi pengeluaran yang besar bagi bisnis, menemukan cara untuk menurunkannya dapat mengurangi biaya operasional Anda.

5. Negosiasi dengan vendor

Periksa biaya operasional Anda dan lihat di mana Anda mungkin dapat melakukan negosiasi tarif yang lebih baik. Berikut ini beberapa negosiasi yang dapat Anda coba:.

  • Jika Anda membeli produk atau bahan mentah dalam jumlah besar, Anda dapat mengajukan diskon volume.
  • Manfaatkan fakta bahwa bisnis Anda telah menjadi pelanggan vendor untuk waktu yang lama, memiliki riwayat pembayaran yang sangat baik, atau sering melakukan pemesanan dengan biaya tinggi. Vendor tidak ingin kehilangan Anda sebagai pelanggan dan mungkin dapat memberikan Anda harga khusus.
  • Lihat apa yang dikenakan vendor pesaing untuk layanan atau bahan yang sama, dan gunakan informasi ini untuk bernegosiasi. Jika vendor tidak mengalah pada harga, Anda mungkin dapat beralih ke vendor lain.

6. Menghemat energi

Menghemat energi mungkin terdengar sepele namun banyak yang tidak tahu bahwa biaya listrik dan air dapat dipangkas menjadi lebih hemat. Karena itu selalu ingatkan karyawan untuk mematikan air yang mengalir di toilet, matikan alat-alat listrik saat jam pulang tiba, dan sebagainya. Hal kecil seperti ini dapat membantu mengurangi pengeluaran tagihan rutin perusahaan. Apalagi seringkali karyawan lupa mematikan lampu atau AC saat pulang sehingga biaya listrik membengkak.

7. Memanfaatkan teknologi

Saat ini banyak tersedia teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan dalam bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas karyawan. Selain itu, teknologi juga mengurangi kesalahan manusia. Salah satu teknologi yang dapat Anda gunakan yaitu software akuntansi seperti Accurate Online. Aplikasi akuntansi ini dapat membantu Anda terkait proses akuntansi, mulai dari penjurnalan hingga membuat laporan keuangan secara cepat, mudah, dan tepat.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang