Get in Touch

Edit Template

7 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Bisnis Anda

Setiap pengusaha tentu ingin omset penjualan dari bisnisnya selalu meningkat. Omset atau revenue adalah uang yang dihasilkan dari operasi bisnis normal. Meskipun omset bukan jumlah keuntungan bersih sebuah usaha, tetapi ini bisa memberikan gambaran kecil mengenai kondisi perusahaan selama kurun waktu tertentu. Nah, untuk meningkatkan omset penjualan, Anda dapat mencoba beberapa cara dibawah ini.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan

1. Tentukan tujuan

Anda perlu menentukan tujuan terlebih dahulu jika ingin meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Pastikan tujuan tersebut dapat diukur sehingga Anda dapat mengetahui seberapa besar peningkatan penjualan dan pendapatan yang diinginkan dan sejauh mana pencapaian penjualan Anda. Cara ini dapat membantu Anda untuk memutuskan metode apa yang sebaiknya digunakan. Selain itu tujuan juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk menjadi lebih produktif. 

2. Tingkatkan kekuatan brand

Pelanggan lebih senang membeli produk baru dari brand yang telah dikenal. Sebab brand yang sudah banyak dikenal telah memiliki kepercayaan di hati pelanggan. Perkuat merek dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Selain itu, jadikan bisnis Anda memiliki value atau nilai lebih dibandingkan bisnis lain. Dengan demikian, pelanggan akan puas dan setia menjadi pelanggan tetap. Ketika Anda memunculkan produk baru, pelanggan setia akan membelinya dengan senang.

3. Meningkatkan kualitas produk

Produk yang berkualitas akan dicari oleh banyak orang. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, pastikan produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik dan telah lolos standar. Biasanya produk berkualitas diproduksi dengan bahan dan cara yang berkualitas pula sehingga harga yang ditawarkan juga tinggi. Namun Anda tidak perlu khawatir tidak laku karena pelanggan bisa menerima harga tinggi apabila harga jual yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk.

4. Fokus pada pelanggan tetap

Bangunlah hubungan yang baik dengan pelanggan tetap Anda. Pelanggan tetap merupakan pelanggan yang melakukan pembelian berulang. Selain selalu bersikap ramah saat melayaninya, Anda juga dapat memberikan penawaran khusus. Misalnya Anda dapat memberikan potongan harga sebagai tanda apresiasi kesetiaan mereka dalam menggunakan produk atau layanan Anda. Dengan begitu, mereka semakin tidak akan ragu lagi untuk terus melakukan pembelian kembali. Bahkan, pelanggan tetap seperti ini bisa menarik pelanggan baru dengan cara memberikan rekomendasi.

5. Perluas pasar

Dengan memperluas pasar, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Anda dapat membuka toko baru di lokasi lain yang lebih strategis atau mendekatkan lokasi usaha Anda di tempat-tempat yang memiliki banyak peminat produk atau layanan Anda. Dengan begitu, pelanggan bisa lebih mudah untuk menjangkau usaha Anda. Untuk mengetahui lokasi mana yang berpotensi besar untuk meningkatkan pendapatan usaha, Anda perlu melakukan survei pasar terlebih dahulu.

6. Tawarkan diskon

Diskon merupakan cara ampuh untuk meningkatkan penjualan. Biasanya saat mendengar kata diskon, orang akan berbondong-bondong untuk melihat dan membeli produk. Anda bisa memilih salah satu atau seluruh produk untuk dijual dengan harga diskon. Diskon juga bisa diberikan jika pelanggan membeli produk bundle atau jumlah tertentu. Biasanya, diskon produk bundle ini akan mendorong pelanggan untuk membeli barang lebih banyak agar mereka bisa menghemat pengeluaran. Cobalah strategi peningkatan penjualan yang satu ini, namun pastikan Anda menetapkan harga diskon yang masuk akal dan tidak merugikan.

7. Optimasi media pemasaran

Saat ini terdapat banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pemasaran. Jangan hanya mengandalkan pemasaran offline saja. Namun Anda harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai cara meningkatkan penjualan. Digital marketing membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Terdapat banyak strategi digital marketing yang bisa dilakukan. Mulai dari optimasi instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website dengan SEO dan SEM, serta masih banyak lagi.

Berikut tadi merupakan cara-cara untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Untuk mempermudah Anda melakukan pemantauan dan perhitungan jumlah omset penjualan, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Accurate Online. Aplikasi akuntansi ini dapat membantu Anda terkait proses akuntansi, mulai dari penjurnalan hingga membuat laporan keuangan secara cepat, mudah, dan tepat dimana saja.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang