Get in Touch

Edit Template

7 Ide Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadan

Ramadan menjadi salah satu momen yang tepat bagi Anda untuk memulai sebuah usaha. Jenis usaha yang paling banyak diminati ketika bulan puasa, yakni bisnis kuliner dan fashion, seperti pakaian muslim dan perlengkapan salat umat Islam. Meski hanya bersifat musiman, namun bisnis di bulan Ramadan dapat mendatangkan keuntungan secara maksimal jika Anda menjalankannya dengan menggunakan strategi yang tepat. Hal itu karena ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan pada momen spesial ini. Berikut ini beberapa ide bisnis di bulan Ramadan yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi usaha.

Ide Bisnis di Bulan Ramadan

1. Catering makanan sahur dan buka puasa

Ide Bisnis di Bulan Ramadan

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, ide usaha membuka catering makanan untuk sahur dan buka puasa adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menyediakan aneka menu makanan yang mencakup nasi, lauk pauk, dan sayur. Dalam setiap paket makanan Anda juga memberi tambahan berupa air mineral, buah atau takjil. Catering ini sangat membantu terutama bagi anak kos yang ingin praktis. Selain itu, catering juga banyak dicari oleh masyarakat jika ingin mengadakan acara buka bersama atau ingin berbagi kepada orang yang membutuhkan sebagai bentuk amal.

2. Aneka minuman segar

Ide Bisnis di Bulan Ramadan

Aneka minuman segar juga dapat menjadi ide bisnis bulan Ramadan yang bisa Anda coba. Hal itu karena ada banyak masyarakat yang mencari minuman segar untuk berbuka puasa. Selain itu, bisnis ini tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Anda dapat menjualnya mulai dari rumah atau membuat stand kecil di pinggir jalan. Berbagai minuman segar bisa coba Anda buat sendiri dengan mudah, mulai dari es buah, es kelapa, es dawet, dan lain sebagainya. Anda dapat mengemas aneka minuman segar ini di dalam kantong plastik atau gelas plastik. Pastikan untuk menjaganya tetap segar dan dingin agar pelanggan bisa menikmatinya.

3. Jual kurma

Ide Bisnis di Bulan Ramadan

Kurma merupakan komoditi yang paling populer di antara berbagai jenis buah lain di bulan suci Ramadan. Pasalnya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini menjadi salah satu konsumsi yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW saat berbuka puasa. Cita rasanya yang manis juga membuat siapa saja menyukainya. Ada banyak jenis kurma yang bisa Anda pasarkan, seperti kurma sukari, kurma ajwa, kurma medjool, dan lain sebagainya. Bahkan kini, ada berbagai jenis kurma yang diberi tambahan isian seperti kurma isi cokelat, kacang almond, dan lainnya sehingga menambah kenikmatan rasanya.

4. Kue kering

Ide Bisnis di Bulan Ramadan

Momen Lebaran sangat identik dengan aneka kue kering yang berjejer di meja tamu. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan peluang yang satu ini sebagai ide usaha. Beberapa jenis kue kering yang populer, yaitu kue nastar, sagu kastengel, putri salju, sagu keju, semprit, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang memiliki keterampilan membuat kue kering dapat mencoba berjualan aneka kue sajian khas lebaran ini. Pasarkan ke orang-orang terdekat Anda dan coba jangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial. Jangan lupa untuk memilih toples kemasan yang unik dan cantik sehingga kue kering Anda memiliki tampilan yang lebih menarik.

5. Hampers atau parsel

Memberikan parsel pada orang-orang tersayang saat Lebaran sudah menjadi salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha. Tidak hanya makanan dan sembako, parsel yang Anda jual juga dapat berisikan alat salat, pakaian, atau barang bermanfaat lainnya. Dalam menjualnya, Anda dapat menggunakan sistem pre-order. Jadi, hanya membuat parsel yang sudah dipesan oleh pelanggan agar meminimalisir kemungkinan rugi. Anda juga dapat menggunakan produk-produk grosir dengan harga yang lebih murah sebagai isiannya. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa jika parsel Anda berisi makanan untuk menjaga kepuasan pelanggan. Selain itu, bungkuslah parsel Anda secara menarik untuk menambah nilai jual.

6. Baju muslim

Hari Raya Idul Fitri cukup identik dengan mengenakan baju baru sehingga bisnis bajumuslim ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup bagus untuk Anda coba. Anda dapat berjualan baju muslim untuk anak-anak dan orang dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Pastikan Anda menjual baju muslim yang sesuai tren agar semakin banyak diminati. Anda juga dapat membuat paket bundling berupa baju couple untuk keluarga. Selain memasarkannya di lingkungan terdekat, Anda juga bisa memaksimalkan penjualan baju muslim melalui media sosial atau platform marketplace. 

7. Peralatan salat

Sama halnya dengan pakaian muslim, peralatan salat umat Islam juga termasuk dalam ide bisnis Ramadan yang naik daun. Di bulan yang suci ini, umat muslim akan berbondong-bondong mengenakan alat salat terbaik mereka untuk beribadah sehingga Anda dapat menjual berbagai perlengkapan salat. Mulai dari mukena, sarung, baju koko, sajadah, peci, hingga jilbab. Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, bisnis peralatan salat pun tidak hanya dapat Anda rintis ketika bulan Ramadan saja namun juga dapat terus dikembangkan pada hari-hari biasa jika dilakukan secara konsisten. Mirip dengan pakaian muslim, peralatan salat juga biasanya memiliki model yang mengikuti tren pasar. Anda pun sebaiknya memasarkan alat salat yang trendy agar banyak diminati pembeli.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang