Get in Touch

Edit Template

7 Manfaat Direct Marketing bagi Bisnis

Direct marketing adalah metode promosi yang melibatkan penyajian informasi tentang perusahaan, produk, atau layanan kepada target pasar mereka secara langsung atau tanpa menggunakan perantara iklan. Jadi, brand akan langsung menyampaikan pesan penawaran produk atau layanan mereka kepada pelanggan potensial melalui media sosial, email, telepon, SMS, dan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat direct marketing bagi bisnis Anda.

Manfaat Direct Marketing bagi Bisnis

1. Menjangkau pelanggan dengan cepat

Metode ini memungkinkan Anda melakukan pemasaran langsung tanpa harus memilih target audiens terlebih dahulu sehingga Anda dapat menjangkau target konsumen dengan lebih cepat. Selain itu, pemasaran ini juga ditujukan langsung kepada orang-orang yang telah tertarik dengan produk atau layanan Anda. Sehingga, ketika brand mengirimkan penawaran produk atau layanan pada pelanggan potensial tersebut, maka pesan bisa langsung tersampaikan dengan baik dan mereka bisa melakukan pembelian segera.

2. Pesan yang disampaikan bisa dipersonalisasi

Manfaat lainnya yaitu Anda bisa menyampaikan pesan yang dipersonalisasi. Misalnya, dengan menyebutkan nama, lokasi, atau informasi pelanggan lainnya. Dengan begitu, brand akan terasa lebih dekat dengan pelanggan. Melalui sapaan dengan nama pelanggan, brand Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih baik antar pelanggan. Namun, brand perlu meluangkan banyak waktu untuk menganalisis setiap informasi pelanggan mereka sebelum mengirimkan pesan agar tidak terjadi kesalahan.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Direct marketing juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Hal ini  karena brand dapat menyampaikan pesan kepada target audiens dengan lebih personal sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kedekatan pada pelanggan. Cara ini terbukti cukup efektif dalam membangun ingatan yang kuat tentang brand pada para pelanggan. Dengan menciptakan hubungan yang baik dan terus mempertahankannya, maka pelanggan pun akan setia menggunakan brand Anda. 

4. Mendatangkan pelanggan baru

Metode ini juga dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan pelanggan baru. Hal ini karena ketika Anda menargetkan audiens tertentu dalam menyampaikan penawaran, maka Anda juga dapat meneliti pembeli lain dengan minat yang sama. Sehingga, Anda bisa menjangkau audiens dengan lebih luas. Persebaran tawaran produk atau layanan yang luas memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan baru dari segala penjuru.

5. Hemat biaya

Direct marketing memanfaatkan saluran pemasaran seperti email, media sosial, SMS dan telepon. Cara ini cenderung lebih hemat biaya dibandingkan dengan beriklan melalui media massa, seperti koran atau televisi. Pemasaran langsung juga dinilai lebih mudah untuk diterapkan dibandingkan dengan jenis pemasaran lainnya serta lebih memikat calon customer dengan rentan usia muda.

6. Bisa diukur dan dianalisis

Manfaat lainnya yaitu dapat langsung diukur dan dianalisis. Jika Anda menggunakan email, media sosial, atau SMS, Anda dapat mengetahui berapa banyak pelanggan yang mengakses tautan yang dibagikan melalui analitik online. Setelah mengetahui hasilnya, Anda dapat melihat manakah saluran pemasaran yang paling efektif dalam menjangkau pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Dengan melacak statistik tanggapan langsung (melalui email, media sosial, atau SMS), Anda juga dapat melihat manakah campaign yang paling berhasil sebelum melakukan campaign lain dengan tujuan serupa.

7. Cocok untuk bisnis baru

Direct marketing dinilai cukup efektif untuk diterapkan oleh bisnis baru. Pasalnya, teknik pemasaran yang satu ini membantu mereka untuk berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan secara cepat. Selain itu, ketika pemasar menerapkan teknik pemasaran langsung yang efektif untuk akuisisi pelanggan, mereka dapat menghasilkan para pelanggan yang setia dengan brand. Pada akhirnya, bisnis baru dapat memperoleh penjualan sesuai target. Bahkan, strategi ini dapat membantu bisnis baru untuk beradaptasi dan merespon permintaan pasar.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang