Get in Touch

Edit Template

5 Manfaat Penggunaan Point of Sales bagi Bisnis

Dalam dunia bisnis, ada berbagai istilah penting yang perlu dipahami oleh seorang pengusaha, salah satunya yaitu point of sales. Point of sales atau POS merupakan suatu sistem dimana pelanggan dapat melakukan pembayaran untuk produk atau layanan yang mereka beli di toko secara cepat, aman, dan sistematis. Biasanya, POS berbentuk mesin, tablet¸smartphone, mesin EDC, atau perangkat lain yang digunakan dalam transaksi sebuah toko. Transaksi POS dapat terjadi secara langsung atau online, dengan tanda terima yang dihasilkan baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. 

POS banyak digunakan dalam bisnis, mulai dari bisnis ritel, restoran, barbershop, hotel, hingga laundry. Dengan adanya berbagai inovasi dalam sistem POS yang bisa digunakan dengan internet, maka Anda tidak hanya bisa memproses transaksi jual beli, namun juga bisa melacak akurasi harga, perubahan inventaris, pendapatan kotor, pola penjualan, dan lainnya. Berikut akan dijelaskan secara lengkap beberapa manfaat penggunaan point of sales atau POS bagi bisnis. 

Manfaat Penggunaan Point of Sales bagi Bisnis

1. Mempermudah proses transaksi

Salah satu manfaat utama dari POS yaitu memberikan kemudahan dalam memproses transaksi di toko dimana pelanggan bisa memilih pesanan, menambah pesanan, serta membayar pesanan lebih cepat dan efisien. Selain itu, sistem POS juga memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dan memvisualisasikan data penjualan secara real time sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang penjualan produk hingga mengetahui data penjualan berdasarkan saluran pemasaran. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu memilih sistem POS yang dapat memvisualisasikan data berikut:

  • Penjualan selama periode waktu tertentu (hari, minggu, bulan, tahun, atau kustom).
  • Penjualan berdasarkan saluran (toko online dan beberapa lokasi toko).
  • Penjualan berdasarkan lokasi (lokasi toko dan wilayah geografis tempat penjualan).
  • Penjualan berdasarkan produk (jumlah stok, volume penjualan, dan profitabilitas).
  • Jumlah pesanan (dipecah berdasarkan tahap pemenuhan yaitu belum dibayar, dibayar, tidak terpenuhi, terpenuhi).

2. Menciptakan cara bayar yang fleksibel

Dengan menggunakan sistem point of sales, maka toko fisik dan atau toko online milik Anda akan mempunyai cara pembayaran yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jadi, pelanggan dapat memiliki berbagai jenis pembayaran, seperti:

  • Uang tunai, yang kemudian disetorkan ke mesin kasir.
  • Kartu kredit yang dilakukan dengan menggesekkan kartu di pembaca kartu kredit.
  • Kartu chip,yang memungkinkan pembayaran tap menggunakan kartu kredit atau debit yang memiliki chip komunikasi jarak dekat (NFC).
  • Pembayaran nirsentuh yang mencakup pembayaran dompet seluler menggunakan Apple Pay, Google Pay, Gopay, ShopeePay, dan lainnya.
  • Gift cards berupa fisik atau digital yang dapat ditukarkan dengan pembelian di toko offline atau online.

3. Membantu manajemen inventaris

POS kini juga dapat membantu Anda dalam mengelola inventaris bisnis sehingga Anda tidak perlu repot lagi dalam menghitung dan menyesuaikan jumlah inventaris toko offline dan atau online Anda secara manual setiap hari. Hal ini karena segala proses transaksi mulai dari tahap pembukuan, penyusunan laporan, dan manajemen inventaris atau stok barang dapat terakomodasi dengan baik dalam sistem. POS bisa dihubungkan langsung dengan platform e-commerce sehingga jumlah stok yang dilihat pembeli di halaman produk dan stok yang Anda miliki jumlahnya sesuai. Dengan pengelolaan inventaris yang tepat, maka Anda dapat menyesuaikan stok barang dengan permintaan sehingga Anda tidak membeli terlalu banyak stok dan terhindar dari risiko kehabisan stok. 

4. Mengumpulkan data pelanggan

POS juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga membantu Anda memberikan pelayanan yang lebih baik sesuai kebutuhan pelanggan. Hal tersebut bisa menciptakan retensi dan loyalitas pelanggan Anda. Untuk memperoleh keuntungan ini, pastikan sistem POS yang digunakan dapat melakukan hal berikut:

  • Membuat profil pelanggan untuk menyimpan informasi kontak, umur, preferensi, dan catatan lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian.
  • Melihat riwayat pesanan yang telah dibeli pelanggan baik di toko offline maupun online sehingga  dapat membantu dalam menyarankan produk yang lebih relevan.
  • Membuat program untuk menciptakan loyalitas pelanggan dengan cara memberi penghargaan kepada pelanggan setiap kali mereka membeli di toko fisik atau online.

5. Meningkatkan penjualan

POS juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan karena memungkinkan Anda melayani pelanggan dengan lebih cepat menggunakan berbagai saluran pemasaran. Sistem POS juga bisa menyediakan beberapa pilihan pesanan bagi pelanggan seperti membeli secara online dan ambil barang di toko fisik. Opsi tersebut dapat membantu pembeli mendapatkan pesanan lebih cepat dan menghemat biaya pengiriman. Selain itu, POS juga bisa membantu Anda menyediakan pengembalian dan penukaran barang secara lebih efisien sehingga Anda dapat meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang