Get in Touch

Edit Template

Cara Menghitung Market Share dalam Bisnis

Market share atau pangsa pasar adalah perbandingan nominal pendapatan perusahaan pribadi dan kompetitor dalam satu industri. Market share adalah salah satu tolak ukur paling sederhana untuk mengukur keberhasilan bisnis. Siapa yang berhasil menguasai pasar lebih luas, maka perusahaan itulah yang terbaik di antara kompetitornya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menghitung market share perusahaan. 

Cara Menghitung Market Share Berdasarkan Total Pendapatan

Menghitung pangsa pasar berdasarkan total pendapatan merupakan langkah penting dalam menganalisis posisi suatu perusahaan di pasar dibandingkan dengan pesaingnya. Proses ini cukup mudah dan dapat dilakukan apapun jenis industrinya. Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghitungnya:

1. Tentukan total pendapatan perusahaan

Pertama, Anda perlu menentukan total pendapatan atau total penjualan perusahaan selama periode waktu tertentu seperti bulanan, triwulan, atau setahun. Total pendapatan ini biasanya dicatat dalam laporan keuangan perusahaan, khususnya laporan laba rugi atau laporan pendapatan.

Untuk perusahaan besar dengan produk yang mencakup beberapa industri, pangsa pasar mereka akan dihitung untuk setiap industri secara terpisah dan tidak berdasarkan total penjualan perusahaan. Misalnya: Sebuah toko ritel yang menjual makanan, pakaian dan furnitur akan menghitung pangsa pasar mereka di industri grosir hanya berdasarkan penjualan makanan mereka. Mereka akan menghitung nilai pangsa pasar terpisah untuk pakaian, furniture, dan sebagainya.

2. Identifikasi total pendapatan industri

Selanjutnya, Anda perlu mengumpulkan data total pendapatan atau total penjualan dari semua perusahaan yang beroperasi dalam industri yang sama dengan perusahaan Anda. Ini dapat dilakukan dengan memeriksa laporan keuangan publik, riset industri, atau sumber data pasar lainnya. Selain itu, jika suatu industri didominasi oleh beberapa pengecer besar dengan penjualan usaha kecil yang minimal, Anda juga dapat menggabungkan penjualan pengecer besar untuk menghitung total penjualan pasar.

3. Hitung market share

Setelah Anda memiliki total pendapatan perusahaan Anda dan total pendapatan industri, Anda dapat menggunakan rumus berikut untuk menghitung pangsa pasar:

Market Share = (Total Pendapatan Perusahaan : Total Pendapatan Industri) x 100 %

4. Simpulkan hasil perhitungan

Setelah menghitung, simpulkan hasilnya. Market share ini menunjukkan persentase pendapatan atau penjualan perusahaan Anda dari total pendapatan industri. Semakin tinggi maka semakin besar pengaruh perusahaan Anda dalam industri tersebut.

Cara Menghitung Market Share Berdasarkan Jumlah Unit yang Terjual

Selain menghitung pangsa pasar berdasarkan total pendapatan perusahaan Anda juga dapat menghitung pangsa pasar berdasarkan jumlah unit yang terjual. Berikut merupakan langkah-langkah untuk menghitungnya:

1. Tentukan jumlah total unit yang terjual oleh perusahaan

Pertama, identifikasi jumlah total unit produk atau layanan yang telah dijual oleh perusahaan Anda selama periode waktu tertentu seperti bulanan, triwulan, atau setahun. Informasi ini biasanya tersedia dalam laporan penjualan atau catatan transaksi perusahaan.

2. Identifikasi jumlah unit yang terjual oleh seluruh perusahaan dalam Industri

Selanjutnya, kumpulkan data tentang jumlah total unit produk atau layanan yang telah dijual oleh semua perusahaan yang beroperasi dalam industri yang sama dengan perusahaan Anda. Informasi ini dapat ditemukan melalui saluran yang sama dengan informasi total pendapatan karena perusahaan sering menghitung keduanya saat menjalankan laporan keuangan.

3. Hitung market share

Setelah Anda memiliki total pendapatan perusahaan Anda dan total pendapatan industri, Anda dapat menggunakan rumus berikut untuk menghitung pangsa pasar:

Market Share = (Jumlah Unit yang Terjual oleh Perusahaan : Jumlah Unit yang Terjual Seluruh Industri) x 100 %

4. Simpulkan hasil perhitungan

Setelah menghitung, simpulkan hasilnya. Market share ini menunjukkan persentase dari total jumlah unit yang terjual di pasar yang dikuasai oleh perusahaan Anda.  Semakin tinggi maka semakin besar pengaruh perusahaan Anda dalam industri tersebut.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang