Get in Touch

Edit Template

5 Strategi Market Penetration untuk Mengembangkan Bisnis

Ada berbagai strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis, salah satunya yaitu market penetration atau penetrasi pasar. Market penetration adalah ukuran seberapa banyak produk atau layanan digunakan oleh pelanggan dibandingkan dengan total perkiraan pasar untuk produk atau layanan tersebut. Strategi penetrasi pasar yang tepat bisa mendorong perkembangan bisnis Anda dalam jangka panjang. Hal ini karena perusahaan Anda dapat menghasilkan volume penjualan yang tinggi. Selain itu, strategi penetrasi pasar yang berhasil ini dapat membantu Anda menurunkan biaya produksi produk per unitnya, meningkatkan layanan pelanggan, dan meningkatkan area pengaruh merek. 

Market penetration bagi perusahaan biasanya dinyatakan dalam persentase, dimana artinya produk perusahaan mewakili persentase tertentu dari total pasar untuk produk tersebut. Berikut ini rumus perhitungan market penetration yang perlu Anda ketahui:

(Jumlah Pelanggan / Ukuran Target Pasar) x 100 = Tingkat Penetrasi Pasar

Jika sebuah perusahaan memiliki penetrasi pasar yang tinggi untuk produknya, maka mereka dianggap sebagai pemimpin pasar di industri tersebut. Anda perlu memantau penetrasi pasar secara berkala untuk mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan atau penurunan penetrasi. 

Untuk menerapkan market penetration agar bisnis Anda dapat berkembang dengan baik, maka Anda perlu menerapkan beberapa strategi berikut ini:

Strategi Market Penetration untuk Mengembangkan Bisnis

1. Pastikan kualitas produk atau layanan

Agar pemasaran produk atau layanan Anda berhasil, maka Anda harus memastikan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas sehingga tercipta citra positif di mata pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda dibandingkan dengan kompetitor. Oleh karena itu, selalu lakukan evaluasi produk atau layanan Anda secara berkala untuk memperbaiki kualitas sehingga pelanggan semakin merasa puas.

2. Melakukan penyesuaian harga 

Strategi penetrasi pasar lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menyesuaikan harga produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini karena menurunkan harga produk atau layanan dapat membantu meningkatkan pangsa pasar. Anda bisa membuat penyesuaian harga yang Anda tawarkan dengan harga dari para kompetitor. Selama produk atau layanan yang ditawarkan memiliki nilai sebanding dengan pesaing lainnya, maka penyesuaian harga diperlukan agar dapat membuatnya tetap bersaing.

3. Melakukan promosi

Strategi selanjutnya yaitu dengan melakukan promosi produk atau layanan sehingga visibilitas merek atau brand awareness Anda di mata pelanggan dapat meningkat. Dalam melakukan promosi, Anda juga perlu memberikan diskon atau penawaran menarik agar pelanggan terdorong untuk melakukan pembelian. Ketika produk atau layanan Anda memiliki banyak kompetitor maka cara ini bisa menjadi strategi untuk membuat pelanggan lebih memilih produk atau layanan Anda. 

4. Perluas jangkauan

Strategi untuk mengembangkan bisnis lainnya yaitu meningkatkan jangkauan pasar dengan menemukan lebih banyak penyalur dan mitra penjualan. Salah satu cara yang efektif dalam menambah saluran pemasaran yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital. Anda dapat melakukan penjualan secara online lewat website, sosial media, atau e-commerce sehingga pelanggan bisa menemukan produk atau layanan Anda dengan lebih mudah. Anda juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar melalui saluran distribusi tersebut.

5. Buat produk atau layanan baru

Strategi lain untuk meningkatkan penetrasi pasar adalah dengan merancang dan meluncurkan produk atau layanan baru. Anda bisa membuat produk atau layanan baru yang sesuai dengan target pasar tertentu sehingga bisnis Anda dapat masuk ke dalam pasar baru. Namun, pastikan produk atau layanan baru tersebut memiliki keunggulan dibanding pesaing sehingga customer akan lebih terdorong untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang