Get in Touch

Edit Template

7 Tahapan Sales untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam mengelola bisnis, agar Anda bisa mencapai target penjualan maka Anda perlu menyusun strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran tersebut erat kaitannya dengan sales atau proses penjualan. Sales atau proses penjualan tidak hanya serangkaian tahapan untuk menghasilkan penjualan saja namun juga merupakan cara untuk terhubung dengan pelanggan. Proses penjualan yang efektif dapat membuat loyalitas pelanggan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Menurut Lucidchart, ada tujuh tahapan sales dalam proses penjualan yang sering digunakan, berikut penjelasan lengkapnya.

Tahapan Sales untuk Meningkatkan Penjualan

1. Prospek

Dalam tahap ini, Anda perlu mencari dan menemukan pasar yang potensial untuk dijadikan sebagai target pemasaran bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui seperti apa permintaan dan kebutuhan pelanggan akan produk atau layanan yang Anda jual. Setelah itu, Anda juga akan menganalisis apakah calon pelanggan Anda mampu atau tidak untuk membeli produk atau layanan Anda. 

2. Persiapan

Sebelum melakukan penjualan, ada beberapa informasi awal yang perlu untuk Anda ketahui seperti informasi terkait produk atau layanan yang Anda tawarkan, kebutuhan pelanggan Anda, dan permasalahan yang mereka hadapi. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan produk atau layanan Anda agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut dan menyelesaikan permasalahan mereka.

3. Pendekatan

Pada tahap ini, Anda akan mulai berkomunikasi dengan calon pelanggan. Komunikasi awal ini bisa dilakukan secara langsung maupun menggunakan bantuan media komunikasi seperti telepon, email, dan lainnya. Dalam tahapan ini, Anda bisa memperkenalkan brand, produk atau layanan yang Anda serta memberikan sampel produk gratis kepada calon pelanggan. Manfaat dari tahapan sales ini yaitu untuk membangun brand awareness dan product knowledge dari calon pelanggan.

4. Presentasi

Tahapan selanjutnya yaitu proses mempresentasikan produk atau layanan Anda kepada calon pelanggan secara lebih mendalam. Dalam tahap ini, Anda bisa menjelaskan keunggulan dan fitur produk atau layanan Anda sebagai solusi atau kebutuhan pelanggan. Manfaat dari tahapan presentasi ini adalah untuk menarik perhatian calon pelanggan agar tertarik untuk membeli produk atau layanan yang Anda jual.

5. Menangani kendala

Setelah melakukan presentasi produk, biasanya calon pelanggan akan mulai mengajukan berbagai pertanyaan untuk memastikan kualitas dari produk atau layanan Anda. Hal tersebut dilakukan karena beberapa konsumen pastinya merasa khawatir dan ingin mendapatkan yang terbaik. Pada tahap ini, Anda perlu menjawab setiap pertanyaan pelanggan dengan baik dan mudah dipahami. Manfaat dari tahapan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan dan brand yang Anda miliki.

6. Closing

Closing merupakan kondisi dimana pelanggan sudah menerima tawaran produk atau layanan Anda dan akan melanjutkan ke proses transaksi. Di tahap ini, Anda bisa melakukan beberapa trik agar pelanggan segera melakukan transaksi seperti menawarkan garansi produk atau promo terbatas. Dengan begitu, tahapan ini bermanfaat untuk mempercepat proses transaksi dan menghasilkan penjualan.

7. Tindak lanjut

Setelah terjadi transaksi penjualan, tahapan sales selanjutnya adalah melakukan follow up kepada pelanggan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan memberikan pengalaman berbelanja yang positif. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan pelanggan Anda akan merekomendasikan produk atau layanan Anda ke orang lain. Melakukan follow up pelanggan juga dimaksudkan agar pelanggan mau membeli kembali produk atau layanan Anda di kemudian hari.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang