Get in Touch

Edit Template

7 Tips Membuat Action Plan untuk Bisnis

Dalam berbisnis, penting bagi Anda untuk menyusun sebuah action plan. Action plan merupakan sebuah dokumen yang berisi rencana atau langkah-langkah yang harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan tertentu. Action plan harus dibuat dengan tepat agar proses penerapannya efektif bagi bisnis. Selain itu, penting bagi setiap orang yang berkontribusi di perusahaan untuk terus memerhatikan dan menjalankan rencana tersebut agar tujuan bisnis dapat tercapai. Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam membuat action plan untuk bisnis.

Tips Membuat Action Plan untuk Bisnis

1. Ajak tim untuk terlibat

Mengingat action plan dibuat sebagai pedoman dalam pelaksanaan rencana bisnis, maka sebaiknya libatkan semua karyawan di perusahaan. Dengan melibatkan karyawan untuk berpartisipasi dalam pembuatan action plan, maka Anda bisa memperoleh banyak ide dan menentukan langkah yang tepat agar tujuan dapat benar-benar tercapai. Selain itu, Anda juga dapat menentukan apakah rencana bisnis yang dibuat bisa berhasil atau tidak. Hal ini karena merekalah orang-orang yang mewujudkan rencana tersebut. 

2. Sosialisasikan dengan merata

Selanjutnya, Anda juga perlu melakukan sosialisasi terkait action plan dan tujuannya ke seluruh karyawan. Hal ini agar kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan bisa sesuai dengan daftar rencana yang telah dibuat. Pastikan mereka mengetahui peran mereka dalam pengimplentasian rencana tersebut. Meski mungkin beberapa karyawan menolak akan perubahan, tetapi Anda bisa terus meyakinkan mereka melalui sosialisasi ini sampai akhirnya semuanya kompak dalam bergerak maju.

3. Tetapkan jangka waktu

Agar Anda dan tim bisa mengukur keberhasilan rencana bisnis, penting untuk menetapkan jangka waktu saat membuat action plan. Secara umum, action plan biasanya berguna dalam jangka waktu 12 bulan atau 1 tahun. Jadi, Anda perlu menuliskan rencana tindakan apa yang harus dilakukan setiap bulannya sehingga tujuan bisa tercapai. Dengan menentukan jangka waktu yang spesifik, maka Anda dan seluruh karyawan bisa terus bekerja sesuai pedoman dan semua tindakan akan lebih teratur.

4. Buat rincian dari setiap rencana

Dalam mencapai tujuan bisnis, Anda perlu membuat daftar rencana serinci mungkin. Anda dapat menuliskannya dalam bentuk spreadsheet dan menjabarkan setiap rencana tersebut. Anda bisa memulainya dengan menuliskan daftar tindakan yang harus dilakukan, menunjuk penanggungjawab atau koordinator tim, dan detail pekerjaan lainnya. Dengan arahan yang jelas, maka Anda dan seluruh karyawan di perusahaan bisa melakukan tindakan yang sesuai untuk mencapai tujuan bisnis tersebut. 

5. Alokasikan sumber daya dan dana

Untuk mewujudkan tujuan bisnis, maka Anda perlu mengalokasikan sumber daya manusia dan dana yang sesuai untuk menyelesaikan rencana yang telah dibuat. Pastikan untuk mendedikasikan cukup waktu, dukungan, pelatihan, dan anggaran. Selain itu Anda juga bisa mengalokasikan sumber daya manusia dan dana sesuai dengan kemampuan. Namun, Anda harus tetap realistis dan jangan sampai tanggung jawab para karyawan melebihi beban kesanggupan mereka atau upah yang diterima tidak sesuai. 

6. Pastikan berpedoman dengan rencana

Action plan penting agar perencanaan bisnis yang telah diimpikan bisa terwujud. Oleh karena itu, agar Anda dan tim dalam perusahaan bisa terus mengikuti petunjuk yang dijabarkan action plan, maka sebaiknya dokumen tersebut dapat dicetak lalu ditempel di tempat-tempat strategis di kantor. Dengan begitu, setiap orang yang berkontribusi di perusahaan bisa terus memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan tujuan dan panduan bisnis ataukah belum.

7. Lakukan analisis dan pengukuran

Sebagai penentu skala keberhasilan rencana yang dibuat, maka  Anda perlu melakukan analisis dan pengukuran secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui rencana mana yang berhasil diterapkan dan bagian mana yang perlu perbaikan. Anda bisa melakukan analisis dengan cara menjadwalkan rapat bulanan dengan tim. Lalu, melakukan tinjauan lebih mendalam dengan rapat setiap kuartal. Selain untuk melakukan pengukuran, rapat juga bisa membantu Anda dalam mengenali dan memberi penghargaan kepada karyawan atas keberhasilan mereka.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang