Get in Touch

Edit Template

5 Tips Membuat Brand Identity Untuk Bisnis

Sebagai pebisnis, membangun merek merupakan salah satu langkah awal yang harus dikerjakan agar dapat menarik konsumen. Setiap waktu, akan muncul merek-merek baru yang dapat menjadi saingan untuk bisnis Anda sehingga Anda perlu membangun kesadaran merek atau brand awareness. Salah satu caranya yaitu dengan membuat brand identity. Brand identity merupakan sebuah ciri khas atau keunikan yang dapat membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain atau kompetitor. Pada artikel ini akan dibahas terkait elemen dan tips untuk membuat brand identity.

Elemen Brand Identity 

Brand identity memang berkaitan dengan tampilan visual, namun bukan hanya logo saja. Berikut ini beberapa elemen identitas sebuah merek yang harus Anda ketahui:

  • Logo: Anda dapat menampilkan logo brand dalam bentuk gambar, teks, dan bentuk yang menggambarkan nama dan tujuan merek Anda. Logo adalah elemen kunci dari identitas bisnis Anda karena pelanggan biasanya akan memperhatikannya. Semakin unik logo yang Anda buat maka semakin mudah konsumen Anda mengingatnya.
  • Gaya tulisan: Anda juga perlu memilih jenis font yang cocok untuk bisnis Anda. Jenis font ini akan Anda gunakan untuk semua media promosi bisnis Anda kedepannya seperti untuk website dan sosial media. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah font yang mudah dibaca dan cocok digunakan dalam jangka waktu panjang.
  • Warna: Sebaiknya Anda menggunakan warna yang konsisten untuk merek bisnis Anda. Penggunaan warna tidak hanya untuk produk saja melainkan untuk semuanya mulai dari konten sosial media, website, dan toko. Anda juga bisa mempelajari beberapa warna dan makna psikologisnya. Misalnya, warna merah, kuning, dan oranye lebih cocok untuk mewakili merek makanan.
  • Tagline: Anda perlu memiliki slogan yang tidak hanya menarik namun juga dapat dengan mudah diingat oleh konsumen. Sebaiknya slogan ini singkat namun dapat mencerminkan brand Anda. Anda juga perlu memilih gaya bahasa yang sebaiknya disesuaikan dengan target konsumen Anda. Misalnya jika target konsumen Anda adalah anak muda maka Anda dapat menyisipkan kata-kata gaul dalam tagline Anda. 

Tips Membuat Brand Identity Untuk Bisnis

Untuk membuat brand identity, terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan, antara lain yaitu:

1. Pahami tujuan dan karakter brand

Sebelum mulai mengerjakan rancangan brand Anda, maka Anda bisa menggali kembali motivasi Anda dengan menanyakan beberapa hal seperti Apa yang ingin Anda capai dengan brand Anda? Berapa lama Anda ingin brand ini bertahan? Apa brand personality dari bisnis yang ingin Anda buat? Anda ingin brand Anda dikenal seperti apa oleh konsumen?.

2. Kenali konsumen ideal

Anda juga perlu untuk mengenali siapa yang ingin Anda targetkan untuk brand Anda. Pastikan Anda mengetahui rentan usia, gender, tingkat pendidikan, pekerjaan, gaya hidup, dan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen ideal Anda. Dengan memahami semua itu, maka Anda bisa merancang brand yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

3. Membuat brand guide

Anda perlu brand guide untuk mengekspresikan brand Anda yang terdiri dari unsur visual dan verbal. Hal-hal yang perlu Anda tentukan antara lain yaitu warna, font, dan gaya bahasa yang nantinya Anda gunakan untuk desain hingga pemasaran produk  baik di website maupun sosial media.

4. Manfaatkan media sosial dan website

Ketika menciptakan brand, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mengenalkan bisnis Anda atau melakukan branding. Misalnya, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai opsi untuk mengenalkan brand Anda. Saat ini sudah ada banyak media sosial yang dapat Anda gunakan mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya. Anda juga dapat membuat website agar brand Anda terlihat profesional dan dapat dipercaya dimata calon konsumen Anda.

5. Mengikuti perkembangan tren

Anda juga perlu menerapkan mindset yang selalu terbuka dengan tren branding terbaru, seperti mengikuti tren visual marketing untuk menarik perhatian konsumen ke website atau media sosial Anda. Anda juga dapat mengupdate logo atau elemen brand identity lainnya jika memang dirasa sudah tidak lagi menarik bagi konsumen.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang