Get in Touch

Edit Template

7 Tips Sukses Membuka Usaha Warung Makan

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang akan terus menjanjikan sepanjang waktu. Salah satu bisnis kuliner yang membutuhkan modal relatif kecil dan menjanjikan adalah usaha warung makan. Warung makan merupakan bisnis yang berpotensi memiliki prospek yang bagus. Hal itu karena apabila bisnis tersebut memiliki banyak pelanggan, Anda nantinya mampu membuka cabang baru di banyak tempat. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat mulai membuka usaha warung makan. 

Tips Membuka Usaha Warung Makan

1. Lakukan riset kecil-kecilan

Sebelum memulai bisnis warung makan, ada baiknya Anda dapat melakukan sebuah riset kecil-kecilan untuk mendapatkan informasi tentang bisnis yang akan dijalani. Misalnya, Anda dapat mencari tahu makanan apa yang memiliki potensi tinggi untuk laku terjual dan berapa keuntungan yang dapat diraih dari penjualan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mencari tahu kira-kira besaran modal yang diperlukan untuk membuka warung makan beserta dengan rincian pengeluarannya.

2. Tentukan lokasi yang strategis

Dalam bisnis warung makan, lokasi memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan karena dapat menentukan banyaknya pelanggan yang mungkin Anda dapatkan. Terdapat beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih lokasi. Pertama, pilih lokasi yang dekat dengan keramaian. Kedua, perhatikan akses menuju warung makan, apakah mudah dijangkau pengunjung atau tidak. Ketiga, hindari tempat yang membuat usaha Anda tidak terlihat banyak orang. Beberapa tempat yang berpotensi antara lain yaitu lokasi yang dekat kampus, kawasan perkantoran, atau sekolahan. 

3. Tentukan target pelanggan

Tips selanjutnya yaitu Anda perlu merencanakan siapa target pelanggan yang disasar. Dengan mengetahui target pasar, maka Anda bisa menentukan, menu yang dijual, patokan harga untuk setiap makanan yang dijual, waktu buka, konsep serta fasilitas tempat makan dan beberapa hal lainnya. Apabila Anda lalai dalam menentukan target atau bahkan sampai salah, maka usaha warung makan Anda dapat menjadi sepi. Jika Anda berniat untuk membuka sebuah warung makan di sekitar kosan mahasiswa, maka Anda perlu menyesuaikan harga agar warung makan Anda tidak sepi.

4. Perhatikan jenis makanan yang dijual 

Tips selanjutnya, Anda harus bisa menyediakan jenis menu yang beragam agar pelanggan memiliki banyak pilihan dan tidak bosan. Hal ini untuk mencegah pelanggan Anda berpindah ke tempat lain. Selain itu, cita rasa juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Seperti yang kita tahu, nyawa dari sebuah masakan adalah rasanya. Apabila memungkinkan, Anda dapat mengkreasikan menu makanan yang sudah ada atau membuat masakan yang tidak banyak dijual oleh warung makan lainnya.

5. Pemilihan bahan baku

Menjalankan bisnis warung makan tidak bisa terlepaskan dari bahan makanan yang diperlukan untuk membuat makanan. Semakin baik kualitas bahan baku maka kemungkinan semakin enak juga makanan itu untuk disantap. Jadi, pastikan Anda membeli bahan-bahan pilihan untuk menghasilkan masakan dengan rasa yang menggugah selera. Selain itu, pertimabangkan membeli bahan baku dengan jumlah yang banyak untuk menghemat biaya dan mencegah pelanggan kehabisan makanan. 

6. Tentukan harga jual yang dapat bersaing

Setelah menentukan jenis makanan dan memilih bahan baku yang berkualitas, Anda juga harus merencanakan harga jual yang tetap dapat bersaing. Lakukan perhitungan bahwa dalam satu porsi makanan dengan harga tertentu telah mencakup harga semua bahan yang digunakan dan tambahkan biaya perawatan alat. Perhitungan semacam ini akan membuat usaha warung makan Anda terhindar dari kerugian.

7. Pilih tenaga kerja yang tepat

Apabila Anda tidak bisa menjalankan usaha warung makan sendirian, Anda bisa mencari dan melakukan seleksi calon tenaga kerja yang akan membantu Anda nantinya. Pastikan orang tersebut bisa membantu Anda dengan baik. Misalnya, jika Anda membutuhkan koki, pastikan dia mampu memberikan pelayanan baik, memasak dengan baik, rasa masakan yang enak dan bekerja dengan cepat.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang