Get in Touch

Edit Template

5 Tips Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Agar Tetap Terjaga

Arus kas atau cash flow, menurut KBBI adalah arus kas yang masuk (penerimaan) dan arus kas keluar (pengeluaran) keuangan. Mengelola arus kas menjadi salah satu aspek penting dalam keuangan bisnis. Tanpa pengelolaan yang baik, opersional bisnis dapat terkendala bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan. Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis Anda harus memperhatikan arus kas usaha secara cermat.

Untuk melakukan pengelolaan arus kas yang baik, Anda bisa membuat laporan arus kas secara rutin atau berkala. Dari laporan tersebut, Anda dapat melihat dan menentukan strategi apa yang pas untuk dilakukan kedepannya atau saat ini agar perkembangan bisnis Anda semakin pesat.

Tips Mengelola Arus Kas Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, memahami dan mengelola arus kas merupakan bagian penting dari strategi keuangan. Berikut ini beberapa tips untuk mengelola arus kas bisnis Anda agar tetap terjaga dengan baik:

1. Kontrol kredit

Menyiapkan sistem kontrol kredit yang baik bukanlah hal rumit, karena yang terpenting adalah mendapatkan pembayaran secepat mungkin. Pastikan untuk menetapkan kebijakan kredit yang jelas untuk pelanggan Anda dan pantau secara rutin. Beberapa kebijakan yang harus diperhatikan antara lain yaitu batas kredit, persyaratan pembayaran, pengiriman faktur dengan segera, dan memastikan hutang dibayar tepat saat jatuh tempo.

Tindakan proaktif dalam mengelola piutang dapat membantu mengurangi risiko tunggakan dan memastikan pembayaran yang tepat waktu. Seiring waktu, upayakan untuk meningkatkan kebijakan penagihan dan menerapkan strategi yang efektif untuk mengelola risiko kredit. Selain itu, Anda juga harus berhenti menawarkan kredit kepada pelanggan yang memiliki track record buruk.

2. Perkirakan penjualan

Sederhananya, perkiraan penjualan adalah tentang memprediksi apa yang akan terjadi di depan sehingga Anda dapat bersiap menghadapi puncak dan palung pada arus kas dalam bisnis Anda.

Perkirakan penjualan dengan cermat untuk memastikan proyeksi arus kas yang akurat. Analisis historis penjualan dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti musim, tren pasar, dan perubahan ekonomi dapat membantu dalam membuat estimasi yang realistis. Perkirakan yang akurat akan membantu Anda merencanakan arus kas dan membuat keputusan yang lebih baik dalam mengelola keuangan bisnis.

3. Memotong biaya dan pengeluaran yang tidak perlu

Dalam hal menjaga arus kas, pikirkankanlah untuk selalu ketat dan detail. Teliti setiap barang yang Anda beli, ketahui persis ke mana uang Anda pergi. Dengan merinci dan mengevaluasi anggaran bisnis, Anda dapat mengidentifikasi area yang membutuhkan pemotongan. Ini mungkin melibatkan negosiasi dengan pemasok, penerapan efisiensi operasional, atau pengurangan biaya yang tidak memberikan nilai tambah. Memotong biaya yang tidak perlu akan meningkatkan profitabilitas dan mengoptimalkan arus kas.

4. Mengelola stok

Memantau stok dengan cermat dan hanya memesan apa yang Anda butuhkan adalah penting untuk menghindari pengeluaran uang tunai yang tidak perlu. Stok yang tidak terkendali dapat menjadi beban besar pada arus kas. Pastikan untuk memantau stok dengan cermat, mengidentifikasi produk yang lambat laku, dan memastikan rotasi stok yang efisien. 

Pemantauan stok yang baik membantu menghindari kelebihan persediaan yang dapat mengikis kas bisnis. Selain itu, pertimbangkan untuk bernegosiasi dengan pemasok untuk mendapatkan persyaratan pembelian yang lebih menguntungkan. Selain itu, jika Anda perlu mencari suntikan uang cepat, coba jual stok lama atau usang dengan harga lebih murah.

5. Menggunakan sistem pembukuan yang baik

Penting untuk menggunakan sistem pembukuan yang baik dan teratur. Sistem pembukuan yang efektif membantu Anda melacak setiap transaksi, memahami posisi keuangan bisnis, dan menyusun laporan keuangan yang akurat. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya seperti laporan laba rugi, neraca, dan lain lain secara terperinci, Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi terbaik proses akuntansi pada kelangsungan bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dapat digunakan untuk kebutuhan proses akuntansi, mulai dari penjurnalan hingga laporan keuangan. Begitu juga dalam proses pembuatan laporan perpajakan, Accurate Online sudah mengikuti ketentuan pajak yang berlaku di Indonesia.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang