Get in Touch

Edit Template

Tips Menjaga Kepuasan Pelanggan saat Ramadan

Menjaga kepuasan pelanggan adalah salah satu bagian terpenting dalam bisnis selain meningkatkan penjualan. Sebab, pelanggan yang puas sangat mungkin melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan produk yang Anda jual kepada orang lain. Sebaliknya, pelanggan yang kecewa akan memberikan ulasan negatif yang bisa mempengaruhi orang lain untuk enggan membeli. Sayangnya, banyak bisnis yang menyepelekan kepuasan pelanggan. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya usaha yang menjual produk tidak sesuai dengan spesifikasi. Alhasil, banyak pelanggan yang dikecewakan. Namun, menjaga kepuasan pelanggan tak selalu terkait dengan produk namun juga bisa berupa menjaga komunikasi, pelayanan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kepuasan pelanggan Anda di bulan Ramadan yang biasanya penuh dengan persaingan.

Tips Menjaga Kepuasan Pelanggan saat Ramadan

1. Berikan ucapan Ramadan

Manfaatkan pesan broadcast tidak hanya membagikan konten iklan dan promosi produk atau layanan Anda saja. Namun, gunakan juga untuk mengirimkan ucapan singkat kepada pelanggan Anda selama bulan Ramadan. Misalnya, Anda bisa mengirimkan ucapan selamat menyambut Ramadan, ucapan selamat berbuka puasa, atau ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri. Beberapa ucapan sederhana ini dapat membuat pelanggan Anda merasa senang dan meningkatkan nilai kepuasan mereka terhadap bisnis Anda.

2. Tetap menjaga komunikasi

Tujuan dari bisnis bukan hanya sampai memperoleh penjualan saja. Namun bagaimana Anda tetap menjaga komunikasi dengan pelanggan sehingga mereka membeli produk atau menggunakan layanan Anda kembali. Tindakan ini dapat Anda lakukan setelah transaksi selesai. Salah satu komunikasi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan bertanya kepada pelanggan apakah ada kendala terhadap produk atau dengan menawarkan bantuan kepada pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih dihargai.

3. Sesuaikan jam operasional

Selama Ramadan, sebagian besar orang memiliki waktu istirahat yang lebih lama saat sedang bekerja. Hal itu karena waktu jam makan siang menjadi digunakan untuk bersantai dan membuat banyak orang lebih sering online pada waktu tersebut. Selain itu, sebagian besar orang juga menjadi lebih rajin beribadah. Artinya, Anda juga harus menyesuaikan jam operasional usaha Anda dengan lebih baik. Misalnya jika Anda ingin mengirimkan pesan broadcast, pastikan bahwa Anda tidak mengirimkannya di waktu pelanggan sedang beribadah. Sebaliknya, cari tahu kapan waktu santai pelanggan untuk mengirimkan pesan promosi produk atau layanan Anda. Dengan mengirimkan pesan di waktu yang tepat, hal ini dapat membuat pelanggan Anda merasa lebih tertarik untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda.

4. Tingkatkan layanan dan produk

Cara terpenting untuk menjaga kepuasan pelanggan yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan yang Anda. Dua hal ini penting karena akan diterima dan dirasakan langsung oleh pelanggan. Ambilah keuntungan sewajarnya dengan berdasarkan mutu produk Anda. Jika mutu produk Anda standar, jangan memasang harga tinggi. Sebaliknya, bila mutu produk Anda memang bagus, berikanlah keyakinan kepada pelanggan bahwa harga yang Anda tawarkan memang layak.

5. Jangan membohongi pelanggan

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, pastikan Anda selalu bertindak jujur. Jangan pernah membohongi pelanggan Anda, sebab tindakan ini bisa membuat pelanggan menjadi kecewa dan enggan untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda kembali. Misalnya, jika Anda berjualan secara online maka gunakanlah foto produk asli yang Anda jual. Jangan mencuri atau menggunakan foto produk dari toko lain.

6. Berikan loyalty program

Loyalty program merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Anda kepada pelanggan yang telah setia menggunakan produk atau layanan Anda. Anda bisa memberikan hadiah menarik kepada mereka sebagai bentuk apresiasi. Misalnya, Anda bisa mengirimkan produk gratis atau potongan harga spesial. Loyalty program ini juga dapat berfungsi menjaga retensi pelanggan Anda dan meningkatkan kepuasan mereka.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang