Get in Touch

Edit Template

7 Tips Ampuh untuk Menjalankan Bisnis Menjelang Lebaran

Menjelang akhir bulan puasa, para pengusaha sebaiknya memahami tips menjalankan bisnis menjelang Lebaran. Sebab, ada banyak orang yang akan membuka usaha di momen tersebut. Dengan adanya persaingan yang tinggi, Anda harus mengetahui cara terbaik untuk memasarkan produk. Selain itu, tingkat antusiasme pelanggan juga akan mengalami peningkatan drastis. Hal ini perlu dimanfaatkan agar Anda memperoleh banyak keuntungan. Berikut ini beberapa tips ampuh untuk menjalankan bisnis menjelang Lebaran.

Tips Menjalankan Bisnis Menjelang Lebaran

1. Cek ketersediaan produk

Tips pertama untuk menjalankan bisnis menjelang Lebaran adalah memeriksa ketersediaan produk. Hal ini sebaiknya dilakukan sebulan sebelum Lebaran tiba. Jika memungkinkan, Anda dapat memproduksi barang sebanyak dua kali lipat dari bulan biasanya. Dengan cara ini, maka produk yang hendak Anda tawarkan akan tetap tersedia meskipun permintaan dari pelanggan akan meningkat saat menjelang Lebaran. Hal ini sangat penting karena jika produk tak tersedia, pembeli biasanya tidak akan ragu untuk membeli barang ke kompetitor.

2. Tetapkan strategi marketing 

Sebelum Lebaran tiba biasanya akan ada banyak usaha baru yang bermunculan dan biasanya mereka menjual berbagai produk yang dibutuhkan selama Idul Fitri seperti hampers, kue kering, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin bersaing dengan bisnis-bisnis tersebut, maka pastikan Anda memiliki strategi pemasaran yang tepat. Misalnya, perilaku konsumen di bulan sebelum Lebaran adalah mencari promo atau diskon maka Anda bisa manfaatkan strategi promo dan bundling agar semakin menarik minat pembeli.

3. Tetapkan harga yang bisa bersaing

Menetapkan harga yang bisa bersaing merupakan tips penting di masa-masa sebelum Lebaran untuk mendapatkan perhatian para pelanggan. Namun, Anda juga harus menyelaraskan harga dengan tren yang berlaku supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda bisa memenangkan persaingan pasar dengan strategi satu ini sambil promosikan produk dengan tepat. Anda juga bisa melakukan analisa harga dari kompetitor yang menjual produk sejenis untuk mengetahui harga produk di pasaran.

4. Prioritaskan customer satisfaction

Customer satisfaction perlu diterapkan agar pelanggan merasa nyaman untuk membeli kembali produk Anda dan atau menawarkannya kepada orang lain. Selain itu, customer satisfaction yang baik juga efektif dalam meningkatkan customer loyalty di masa-masa penuh persaingan seperti sebelum Lebaran. Untuk tingkatkan customer satisfaction, Anda bisa memberikan apresiasi bagi para pelanggan yang loyal seperti memberikan hadiah kue kering untuk pelanggan yang melakukan pembelian diatas Rp 500.000.

5. Jangan ragu untuk berinovasi

Inovasi di sini tidak terbatas pada produk atau layanan yang ditawarkan. Akan tetapi, juga dari segi pelayanan, konsep promosi, hingga kemudahan sistem pembayaran. Untuk membuat inovasi yang mumpuni, Anda bisa melihat di media sosial dan mempelajari tren bisnis yang sedang berlaku. Contohnya, di masa sebelum Lebaran, toko kue sering memposting video tutorial untuk keperluan promosi dan meningkatkan kredibilitas toko.

6. Berikan dekorasi pada toko dan akun media sosial

Selain memberikan kesan Idul Fitri, dekorasi juga ampuh untuk tingkatkan penjualan produk perusahaan. Pasalnya, elemen pendukung ini dapat tingkatkan antusiasme pelanggan membeli. Dekorasi yang diberikan bisa hadir dalam macam-macam bentuk seperti lentera dan ketupat. Untuk di akun media sosial, perusahaan bisa manfaatkan warna hijau muda serta ragam simbol Idul Fitri, seperti bulan sabit dan beduk.

7. Berikan paduan belanja untuk pelanggan

Tips terakhir untuk menjalankan bisnis dengan ampuh selama sebelum Lebaran adalah panduan belanja khusus pelanggan. Hal ini penting karena kebanyakan orang tidak tahu apa yang harus dicari sebelum Idul Fitri tiba. Misalnya, Anda bisa berikan saran pakaian wanita saat Idul Fitri dengan memberikan gambar-gambar cantik di Instagram lengkap dengan caption yang menawan. Dengan cara ini, dijamin para pelanggan akan semakin tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Apa itu Accurate?

Accurate adalah aplikasi berbasis akuntansi yang dapat mengolah data transaksi perusahaan. Accurate juga merupakan software yang digunakan untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan pada setiap jenis perusahaan.

Artikel Terbaru

Temukan Cara Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Anda

Jangan biarkan kesulitan akuntansi menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Accurate Online siap membantu Anda mengatasi setiap tantangan. Coba gratis sekarang dan rasakan perubahan positifnya!

Accuratetangerang.com adalah website pemasaran perangkat lunak akuntansi Accurate, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan wilayah Tangerang dan sekitarnya

Produk

Accurate Online
Accurate 5 Desktop
Accurate Lite
Accurate POS

Berlangganan

Jadi yang pertama tahu tentang informasi akuntansi terbaru, tips dan trik seputar Software Accurate.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

© Copyright 2024 – Accurate Tangerang